Thursday, March 19, 2009

Indonesia Juara 1 & 3 pada The 12th LSI Design Contest Okinawa 2009


"alhamdulillaah kang"
"menang peringkat 1 dan 3"

Malam itu (19/3) saya dapat pesan dari teman yang sedang berada di Okinawa mengikuti The 12th LSI Design Contest in Okinawa 2009. Hmm, Alhamdulillah, ikut merasakan senang. Seperti ikut merasakan euforia mereka, hehehe.

Ada dua tim yang berangkat ke Okinawa (lolos final), satu tim Nden dkk (Ganesha ANT), satu lagi tim Iman dan Fajar. Ketiganya adik angkatan di Elektro dan sekaligus pernah magang VSilicon (we're welcoming you to join us after graduation ya!).

Kali ini tema desainnya adalah Small RISC Processor. Desain yang berhasil dibuat teman-teman yang ikut final adalah: "Pipeline Double-Issue MIPS Processor", dan "1-GHz Small MIPS Architecture with Low-Flush Event and Stall-Rate". Sekilas dari yang saya baca di paper yang mereka buat: Great! Desain yang bagus. TIdak hanya dari sisi efisiensi arsitektur dan fungsionalitasnya, tapi juga kreatifitas Implementasinya.

Kedua tim memperagakan implementasi processor yang mereka desain untuk menjalankan aplikasi Game. Salah satunya Game Hangman. Hmm, kemajuan yang luar biasa dibanding 2 tahun sebelumnya ketika kami ikut lomba yang sama. Dulu aplikasi desain hanya dibuat setelah tahu lolos final. Kontan saya langsung berpikir, mereka insya Allah lolos! Dan ternyata bukan hanya lolos, tapi juara 1 dan 3. Alhamdulillah.

Prestasi yang terulang dari tahun lalu (2008), juara 1 dan 2. Biasanya untuk juara 1, desain mereka akan masuk dalam Institut of Electronics, Information and Communication Enginers Jepang (IEICE). Dan perlu diketahui bahwa dalam contest ini tidak ada pembedaan antara mahasiswa S1 dan S2. Semua jadi satu dalam penjurian. Ada 10 finalis dari berbagai negara (Jepang, Taiwan, Korea, China, dsb.) yang harus mempresentasikan hasil karya meeka ke dewan juri.

Dari dewan juri tersebut, beberpa diantaranya Wada-sensei dari Ryukyu-Daigaku, Ochi-sensei dari Kyu-tech, perwakilan dari Sony Corp., DesainWave, Xilinx, dan satu orang perwakilan dosen ITB, yang total berjumlah sekitar 10 orang. Contest ini sendiri diselenggarakan oleh LSI design contest committee dan Kyushu Semiconductor Industries and Technology Innovation Association.

Harapan saya pribadi, Indonesia bisa terus melestarikan tradisi yang dimulai sejak 2006 untuk mengirmkan karya-karya-nya dalam ajang internasional ini. Dan membuktikan pada bangsa bahwa kita bisa berkarya di bidang electronics, dan khususnya bagi komunitas chip desain dan electronic industry di Indonesia, menambah gairah dan semangat berkarya mereka. Sekali lagi, selamat untuk 2 tim Indonesia yang berhasil meraih juara 1 dan 3 The 12th LSI Design Contest in Okinawa 2009!

ps. nanti masuk di acara Apa Kabar Indonesia ga ya? Hehe..

Berita Contest 2008
Berita Contest 2007
Berita Contest 2006


2 comments:

jampasir said...

subhanallah, Alhamdulillah,
turut bahagia :)

yayan said...

Alhamdulillah ya, terima kasih kim.

Post a Comment