Sunday, June 15, 2008

Melawan Stress Dengan Makanan

Makanan sangat berperan membantu tubuh menghadapi stress? Tentu saja. Apalagi makanan favorit. Tapi tidak semua makanan dapat membantu menghadapi stress. Pada saat stress, makanan yang tadinya berfungsi normal dapat saja mengganggu pencernaan atau rasa panas pada perut. Yang harus dihindari adalah makanan berlemak, karena akan menyulitkan pencernaan, dan makanan pedas atau terlalu berbumbu karena bisa menimbulkan masalah-masalah pencernaan. Alkohol (kalo ini haram), minuman berkafein, dan rokok juga harus dihindari karena dapat menimbulkan perasaan gelisah.

Makanan sangat berperan membantu tubuh menghadapi stress? Tentu saja. Stress dapat menghabiskan persediaan glukosa tubuh yang merupakan bahan bakar utama. Sebagai konsekuensi, perlu karbohidrat ekstra. Tapi tidak semua orang memiliki respon terhadap stress (fight of response) yang sama. Ada orang yang merasa lapar dan ingin makan saat mengalami stress (seperti saya :D), tetapi sebaliknya ada yang juga kehilangan nafsu makan sehingga tubuh kekurangan zat gizi.

Berikut beberapa tips menghadapi stress dengan makanan:
1. Mengkonsumsi makanan kaya protein sejenis unggas.
Menurut Dr. Rosch, mengkonsumsi makanan kaya protein seperti kalkun, ayam, makanan laut, dan kacang-kacangan yang mengandung asam amino tryptophan akan meningkatkan produksi serotinin. Rendahnya serotinin dalam dapat memicu terjadinya stress.

2. Memenuhi kebutuhan kalsium.
Menurut Alexander MD, Direktur Pusat Sakit Kepala NY, magnesium akan membantu produksi serotinin. Sumber yang terbaik berasal dari bayam, beberapa sereal, dan gandum.

3. Makanlah ekstra buah-buahan dan sayur-sayuran.
Berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat melawan radikal bebas. Sumber buah-buahan yang kaya vitamin C diantaranya jambu biji, jeruk, mangga, dan pepaya. Sedangkan sumber beta karoten diantaranya brokoli, wortel, belimbing, dan bayam.

4. Minumlah delapan gelas air sehari.
Saat stress, kita cenderung berkeringat lebih dari biasanya.

Dari sekian banyak cara, cuma dua hal yang biasanya saya lakukan: makan buah-buahan ekstra dan munum banyak air. Apalagi kalo pas stress beli es shanghai, banyak buahnya seger, dan menyegarkan. Kalo buah-buahan justru seringnya makan buah pear. Yah, bagaimanapun juga tiap orang memiliki cara sendiri-sendiri untuk menghadapi stress. :) (ya2n)

Sumber: Hidup Sehati Bagi Eksekutif, kumpulan artikel kesehatan Kompas, edisi 5, 2000
Gambar diambil dari sini dan sini.

No comments:

Post a Comment