Sunday, December 23, 2007

Oleh-Oleh 'Iedul Adha

(Hehe.. walaupun hari tasrik sudah lewat, masih belum telat lah buat ngasih oleh2 qurban.. ^^)

Allaahu Akbar Allaahu Akbar Allaahu Akbar...
Kalimat takbir menggema hari itu. Saya bersama seorang teman pagi-pagi berangkat ke kampus buat ikut sholat 'Ied. Sholat diselenggarakan di lapangan Campus Center ITB. Rame juga, sampe penuh tuh lapangan. Khotib saat itu adalah pak Charmadi Mahbub, dosen kita, hehe.. Hmm.. trus biar nggak kotor semua orang membawa alas koran dan sajadah. Cuma ada yang kurang nih dari panitia, kok bikin garis shof-nya nggak memperhitungkan tempat sandal sih? Jadinya 'kan sandal pada ditaruh di samping2 atau dibelakang, trus bikin sofnya terputus, tuh lihat.. hehe.. Harusnya 'kan bikin garis shofnya nggak terlalu mepet, jadi walaupun ditaruh dibelakang, masih cukup di belakangnya. Tapi mungkin jadi kapasitasnya lebih dikit ya? Hehe.. nggak tahu tuh :P




Habis sholat 'Ied saya dengan beberapa teman VS ngadain qurban di Padasuka, di masjid yang dibangun Wahdah Bandung. Alhamdulillah, empat orang VS ikut qurban di sini. Kami qurban sapi bertujuh. Tuh lihat sapinya hehe.. Kali ini saya ikut nimbrung bantuin nyembelih lho.. bukan yang nyembelih maksudnya, yang megangin hehe.. tapi lumayan lah bikin kringetan juga, soalnya 'kan pas disembelih sapinya gerak-gerak gitu. Sebelum disembelih, sapinya diiket dulu kakinya, ada tekniknya cuma saya lupa, tuh lihat.. diiket kaki depan sebelah kiri trus kaki belakang sebelah kanan, habis itu ntah gimana si sapi jadi kayak “kejegal” istilah jawanya (maaf saya lupa bahasa Indonesianya apa ^^), trus si sapi didorong hingga jatuh.



Allaahu Akbar.. Allaahu Akbar.. takbir mengiringi proses penyembelihan sapi itu, yang motongnya Akh Isa dari Wahdah, beliau udah biasa motong sapi, hmm.. kapan2 saya pingin juga bisa motong sendiri hehe.. Dari warga sekitar juga banyak lho yang datang bantuin. Nah rencananya, Wahdah tu mau ngadain acara Tebar Qurban 150 ekor kambing, tapi qodarullah, truk yang membawa kambing itu mengalami kecelakaan alias terguling. Kambing2nya 'kan dibeli dari Sukabumi. Akhirnya mereka ngegantiin dengan uang dan kita beli sendiri di daerah Bandung. Cuma masalahnya, uangnya blm bisa ditransfer, jadi belum bisa beli hari itu, padahal peserta Tebar Qurban udah pada nunggu, ada yg dari Ma'had Imarat, SMA 3, SMA 8, Gamais, Gamistek, STMB, beberapa masjid lain temasuk masjid kosanku, total sekitar 30 lembaga, masya Allah. Ya.. akhirnya biayanya ditalangin dulu sama Pak Trio.

Oh ya, rencananya hari itu juga kami mau ke rumah Pak Trio, diundang sama beliau buat makan2 di rumahnya, sekaligus silaturahim. Tuh lihat.. hehe.. saya nggak ikut nampang soalnya yang moto, hehe.. Yang akhwat juga ada tapi di sebelah kami, tertutup hijab. Rumah Pak Trio ini kadang2 dipake buat kajian Wahdah, kajian keluarga gitu.. Saya pernah sekali ikut walaupun blm berkeluarga, hehe.. Insya Allah, kalo udah berkeluarga saya ajak istri.. hehe.. ^^



Ya wes cukup sekian saja.. Eh, bentar, oh ya.. habis pulang dari Pak Trio saya ngambil jatah qurban ke Wahdah. Tiap yang qurban dapat 2 kg. Saya ngambilin buat berempat karena yg lain pada langsung pulang. Selain yang 2 kg itu, saya bawa tiga bungkus buat bagi-bagi ke tetangga. Di kontrakan, kami dapat juga daging qurban dari masjid.. dua bungkus. Wah, jadi banyak bangett..

Kami putuskan buat nyate-nyate malam itu. Nyate-nyate dilakukan di balkon samping rumah. Kami memakai bumbu instan, bumbu ayam bakar gitu, maklum lah.. Jadi awalnya tuh bumbu dicampur dengan daging yang udah dipotong kecil2, trus beri sedikit air, trus di rebus hingga mendidih, sampe bumbunya meresap. Eh, karena si Aul naruh airnya kebanyakan, habis mendidih malah masih banyak kuahnya gitu.. Yaudah, yang itu nggak jadi dibikin sate.. Hoho.. setelah dicicipi ternyata rasanya enak juga, kayak tongseng sapi atau.. semur sapi gitu, hehe..

Trus daging2 yang lain cuma ditaburi bumbu itu dicampur sedikit air sama kecap, langsung deh disate.. nyumm.. Dagingnya banyak bangett.. sampe “mendem” haha.. Dan itu pun masih tersisa satu bungkus daging lagi, akhirnya yang itu direbus lagi pake bumbu yang sama.. Keesokan harinya anak2 pada pulang ke Jogja, tinggal tersisa saya ama Suryo, yaudah rencananya besok mau saya goreng aja, jadiin steak ala yayan huhu..

Keesokan harinya, pagi2 mas Dibya sama Hadi datang, ngajak lari2 ke Sabuga. Habis lari-lari kami mampir beli juice di Cimbeluit. Setibanya di rumah daging sapi tadi tu saya masak, ditambah racikan bawang jadi steak ala yayan, tuh lihat.. hehe.. Oishi yoo.. Kebetulah Joko datang ke kosan, yaudah, kami ajak sekalian, jadi makan rame2.. Tanoshikatta yoo!! (ya2n)

No comments:

Post a Comment