Wednesday, June 10, 2009

Al-Qur'an Online, Banyak Diminati Dunia Barat

Pagi ini aku nyari-nyari link untuk al-qur'an online, trus dapet link ini: http://www.quranexplorer.com/. Kayaknya udah pernah dikasih dulu sama Lakso dan udah berkali-kali buka, cuma lupa link-nya. Alhamdulillah link yang bagus. Kita bisa pilih berbagai bahasa, bahkan ada audionya juga, bahkan ada petunjuk tajwid-nya juga. Lengkap dech.


Jreng-jreng, apakah gerangan gambar diatas? Ternyata itu adalah gambar sample/statistik pengunjung web tersebut. Wah, Alhamdulillah, ternyata peminat Al-Qur'an online banyak datang dari US dan Eropa juga. Yah, tentu selain karena infrastruktur internet disana lebih maju, juga karena Islam mulai ramai diperhatikan.

Kebetulan temen baru pulang dari Ohio Univ untuk ikut program belajar bahasa Inggris dua bulan. Program ini diadakan rutin tiap tahun, setiap bulan April-Mei kalau nggak salah. Kata dia, di Univ tersebut ada Islamic Centernya. Tiap Jum'at ada pekan makanan halal-nya. Dia biasa makan-makan gratis disana. Banyak juga siswa yang memakai jilbab, bahkan temennya yang dari Arab malah memakai cadar. No problem bagi mereka.

Bahkan lagi, ada temannya yang akhwat, berjilbab, di Ohio selama dua bulan juga. Ceritanya, room-mate nya heran dengan kebiasaan berjilbab dan shalatnya. Tepatnya bukan heran, tapi penasaran. Lalu terjadilah diskusi. Dia sendiri mengaku Nasrani tapi nggak banget-banget. Istilahnya abangan. Kata dia, dia bingung dengan konsep trinitas yang dia pikir nggak logis. Humm, that's right. Bukan cuma itu, bahkan ada sesorang yang meminjam Al-Qur'an, lalu dibahas rame-rame di dalam kelas. Entah ketika break atau gimana, aku kurang jelas. Jadi, yang mau sekolah ke US (Berkeley gitu, =p) nggak usah takut ya, udah banyak kok, Muslim Community-nya, hehe. Kata orang, masyarakat dan pemerintah itu beda. Yang gembar-gembor merong-rong dunia Islam itu pemerintahnya, masyarakatnya mah.. santei-santei aja.

Yup, Al-Qur'an memang mu'jizat Allah. Dimanapun kapanpun akan menjadi primadona yang terus diperbincangkan orang, terus digali dan dipelajari orang. Alhamdulillah kita dikaruniai keimanan sampai saat ini, dan mudah-mudahan sampai akhir zaman. Dunia Barat aja udah mulai meminati Al-Qur'an, gimana kita yang udah Muslim sejak kecil? Yuk ngaji... yuuukk =)


3 comments:

jampasir said...

setahu saya, ke USA itu mungkin yang agak susah memang masuknya (di embassy & imigrasi), tapi kalau sudah masuk di sana, gak ada masalah dengan masyarakatnya. wallahua'lam.

jadi kapan ke berkeley? turut mendoakan saja, semoga dapat teraih cita2nya, Aamiin :)

-fifin- said...

hidup islam...
hidup Al Quran..
Allahu Akbar...

yayan said...

@Hakim:
iya betul, pengalaman waktu bikin visa ditanya-tanyai macem-macem dan kalo salah jawab bisa nggak keluar visnya walau udah ada invitation dari orang US, yah, lagi-lagi itu pemerintahnya, bukan masyarakatnya.. amiin, mudah2an diberi yg terbaik =)

@Fifin:
Allahu Akbar!!

Post a Comment